Kamis, 02 Juni 2011

SISTEM POLITIK DI BERBAGAI NEGARA

Pada awal mulanya setiap negara menganut sistem politik yang berbeda di karenakan kondisi dari negara tersebut. Hal ini sudah menjadi sebuah hal biasa. Karena negara tersebut mempunyai berbagai macam jenis cara untuk sebuah politik nasional.






Sistem Politik Di Berbagai Negara
a. Sistem Politik Di Negara Komunis :

Bercirikan pemerintahan yang sentralistik, peniadaan hak milk pribadi, peniadaan hak-haak sipil dan politik, tidak adanya mekanisme pemilu yang terbuka, tidak adanya oposisi, serta terdapat pembatasan terhadap arus informasi dan kebebasan berpendapat. Sistem ini di anut di berbagai negara.
b. Sistem Politik Di Negara Liberal :
Sistem politik ini mempunyai ciri - ciri yakni,  kebebasan berpikir bagi tiap individu atau kelompok; pembatasan kekuasaan; khususnya dari pemerintah dan agama; penegakan hukum; pertukaran gagasan yang bebas; sistem pemerintahan yang transparan yang didalamnya terdapat jaminan hak-hak kaum minoritas
c. Sistem Politik Demokrasi Di Indonesia :
Sebuah sistem politik yang didasarkan pada nilai, prinsip, prosedur, dan kelembagaan yang demokratis. Sistem politik yang ada di indonesia pada umumnya  adalah :
1. Ide kedaulatan rakyat
2. Negara berdasarkan atas hukum
3. Bentuk Republik
4. Pemerintahan berdasarkan konstitusi
5. Pemerintahan yang bertanggung jawab
6. Sistem Perwakilan
         d.  Sistem pemerintahan presidensiil
 Yakni sebah sistem  pemerintahan yang umumnya telah diatur oleh kepala negara.
 Strategi Dalam Pembangunan Nasional
 Strategi Pembangunan Nasional berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2004-2009 menetapkan 2 (dua) strategi pokok,yaitu:
1. Strategi penataan kembali Indonesia yang diarahkan untuk menyelamatkan system ketatanegaraan Republik Indonesia berdasarkan semangat,jiwa,nilai - nilai kemanusiaan. Indonesia merupakansebuah negara yang berlandaskan pancasila dan undang - undang dasar 1945
2. Strategi pembangunan Indonesia yang diarahkan untuk membangun Indonesia di segala bidang yang merupakan perwujudan yang pada umumnya sudah ada di dalam undang - undang dasar 1945 dan pancasila. Pembangunan yang di harapkan disini yakni:
  • Meningkatkan infrastruktur
  • Meningkat kesejahteraan masyarakat
  • Mengembangkan dan meningkatkan sumber daya alam dan manusia yang sangat berguna bagi masyarakat.
  • dll.
Semu harapan yang ada di dalam pembangunan nasional ini sangat di harapkan oleh masyarakat khusunya warga negara indonesia. Karena pembangunan ini adalah sebuah harapan utnuk anak cucu mereka di masa yang akan datang.

REFERENSI :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/05/strategi-dalam-pembangunan-nasional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar