Senin, 08 Oktober 2012

APAKAH PEDAGANG ASONGAN ADALAH SEORANG PEMBISNIS ?



J
akarta adalah ibu kota Negara Indonesia dimana kota ini dihuni oleh seluruh masyarakat yang dominannya tergolong kedalam urbanisasi. Jakarta tempatnya seluruh masyarakat Indonesia untuk mencari nafkah karena ini adalah pusatnya penyediaan lapangan kerja. Turun-temurun masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun selalu datang menghampiri kota Jakarta jika diibaratkan kota Jakarta adalah kota dimana sebagian masyarakatnya bergantung untuk mencari nafkah demi menjalankan hidup setiap harinya. Jakarta zaman dulu dengan sekarang sungguh sangat berbeda. Padatnya kota Jakarta justru semakin parah bila dilihat para masyarakat yang hijrah ke kota Jakarta semakin serius ingin hidup di kota ini dengan berbekal pengalaman yang ada serta keyakinan yang timbul agar bisa mendapatkan lapangan kerja sesuai harapan. Hal yang benar-benar sangat disayangkan adalah dengan bertambahnya masyarakat Indonesia yang hijrah ke kota Jakarta menjadikan lapangan kerja semakin menyempit akibatnya pengangguran merajalela keseluruh pelosok kota Jakarta. Menyempitnya lapangan kerja ini berarti tidak mematahkan semangat dari masyarakat yang telah hijrah ke kota Jakarta. Mereka tidak menyesal hijrah ke kota ini sebab masih ada sejuta cara yang bisa mereka coba. Dan dengan tidak kenal untuk menyerah berbagai macam ide pun muncul yakni adanya pedagang asongan yang selalu memadati sudut demi sudut kota Jakarta. Maraknya pedagang asongan yang muncul sedikit demi sedikit semakin memuncak tidak henti-hentinya kita selalu saja berjumpa dengan pedagang asongan. Ciri khas dari pedagang asongan adalah “cangcimen”(kacang, kuaci, permen) pada hal yang dijual oleh pedagang asongan tersebut bukan hanya makanan itu saja justru ada yang berjualan masker, tissue dll. Dan dengan adanya pedagang asongan yang semakin merajalela secara langsung lapangan kerja sedikit demi sedikit sudah mulai menunjukkan keberadaannya.
Cara yang dilakukan ini merupakan termasuk kedalam salah satu untuk mengatasi tingkat pengangguran yang semakin tinggi hingga saat ini. Walaupun bila dilihat omset yang didapatkan oleh para pedagang asongan tidak sebanyak seorang wirausaha tapi dengan modal uang yang tidak terlalu banyak serta kejujuran dan rajin bisa membuat para pedagang asongan ini mempunyai konsumen yang mempercayainya. Sebab akibat dampak yang ditimbulkan dari pedagang asongan yang berbuat curang terhadap makanan atau minuman yang mereka jual menimbulkan kecemasan yang amat tinggi dari para konsumen itu sendiri. Dampaknya pedagang asongan yang berjualan dengan jujur tanpa ada main curang sedikit pun menjadi imbasnya. Omset mereka pun terjun bebas layaknya sebuah air terjun. Berbagai cara yang dilakukan oleh pedagang asongan yang berjualan secara jujur pun sedikit demi sedikit bisa menarik perhatian para konsumen. Dan dengan adanya pedagang asongan khususnya di kota Jakarta menjadi sebuah peluang bisnis terutama bagi masyarakat yang hanya memiliki modal tidak terlalu banyak. Jika dipkir-pikir memang benar pedagang asongan adalah mereka yang membuat sebuah usaha kecil-kecillan atau bisa dibilang bisnis kecil-kecillan dengan modal tidak terlalu banyak. Cara mereka memasarkan tidak terlalu sulit cukup menawarkannya kepada para konsumen yang melewati sudut demi sudut kota Jakarta. Barang dagangan yang dijual pun berbagai aneka macam mulai dari langsung dibuatnya sendiri maupun membelinya dari agen walalupun cara ini untung yang didapatkan tidak terlalu besar tapi dengan menjual barang dagangan yang bisa dihabiskan walaupun hanya setengah saja keuntungan pun bisa didapatkan asalkan modal bisa berputar kembali (balik modal). Adanya pedagang asongan khususnya di kota Jakarta ini jangan sampai kita meremehkannya sebab ini merupakan peluang bisnis yang sedang mereka coba untuk keuntungan yang didapatkan tergantung usaha dari pedagang asongan tersebut dalam menjual barang dagangannya. Walaupun sulit mengkategorikan pedagang asongan itu adalah seorang pembisnis, tapi bila dilihat kenyataannya hal ini bisa saja dibenarkan karena usaha yang mereka jalani juga berawal dari sebuah modal walaupun tidak cukup besar. Tapi keuntungan yang didapatkan bisa menghidupkan keluarga mereka.




1 komentar:

  1. Numpang ya min ^^

    Kamu lagi cari bonus? :)
    Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
    hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino AGENPOKER TERPERCAYA

    LINK ALTERNATIF >>> ACERDOMINO.ONLINE

    BalasHapus