Minggu, 20 Februari 2011

2. TULISAN MENGENAI "WARGA NEGARA"

WARGA RAWASARI AKAN LANJUTKAN AKSI  JAHIT MULUT

Jakarta - Semua demonstran yang melakukan aksi jahit mulut sebagai simbol penolakan terhadap penggusuran di Rawasari telah dilarikan ke Rumah Sakit akibat kondisi fisiknya yang mulai melemah. Meski demikian, warga menjanjikan akan melakukan aksi jahit mulut lanjutan.

"Sekarang sudah tidak ada lagi warga yang jahit mulut. Tapi rencanya akan ada lagi," ujar humas warga RT 16 RW 09 Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Seno Budiarto, Minggu (20/2/2011).

Ia mengatakan, setidaknya aksi jahit mulut akan terus dilangsungkan hingga hari Selasa atau Rabu pekan depan. Pada hari itu dikabarkan presiden akan memfasilitasi mereka untuk bertemu pemerintah propinsi DKI Jakarta.

"Kita masih menunggu sampai selasa atau rabu, dimana presiden katanya mau memfasilitasi ketemu pemprop (DKI Jakarta) dan pengembang (apartemen). Kalau tidak ada tindak lanjut, berarti ada konspirasi dengan pengembang" imbuhnya.

Seno juga menuntut pertanggungjawaban dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, jika terjadi sesuatu terhadap demonstran yang melakukan aksi jahit mulut yang telah dilarikan ke rumah sakit.

"Saya tegaskan disini, kalau terjadi sesuatu terhadap mereka sebelum hari Selasa, berarti Fauzi Bowo harus bertangungjawab," tegas Seno.

Aksi jahit mulut dilakukan oleh 4 orang warga RT 16 RW 09 Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat untuk menolak penggusuran. Mereka telah memulai aksinya sejak 11 Feburari 2011 lalu.

Jumat (18/02/11) lalu, dua orang peserta telah dilarikan ke Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur.
Sementara hari ini, Minggu (20/02/11), dua orang lainnya ikut dilarikan ke Rumah Sakit UKI akibat kondisi fisiknya yang mulai melemah.


Sebuah artikel yang berjudul "WARGA RAWASARI AKAN LANJUTKAN AKSI JAHIT MULUT"
yang diambil dari http://www.detiknews.com
Artikel ini memuat, sebuah cerita yang sangat memilukan, dengan tema warga negara ini. Kisah ini benar - benar nyata.
Ada beberapa komentar, yang mempunyai sangkut pautnya dengan kejadian ini, yakni:
  • Sebaiknya, warga rawasari memikirkan terlebih dahulu caranya untuk berdemo. Jangan sampai diri kita sendiri yang menjadi korbannya.
  • Pemerintah daerah, harus bertindak tegas, atas kejadian penggusuran didaerah rawasari, jangan sampai akibat kejadian ini, banyak warganya yang berjatuhan.
  • Pengadilan harus bertindak cepat, dan menindaklanjuti siapa hak sah kepemilikkan tanah ini.
  • Sebaiknya, sebelum penggusuran dikerjakan, pemerintah daerah setempat membuat perjanjian ganti rugi kepada warganya yang mengalami penggusuran dirawasari.
  • Sebagai warga negara indonesia, pemerintah harusnya memeberikan tempat yang layak, serta harus memebela warganya, dari tindakan apapun yang bisa mengancam warganya. bila sewaktu - waktu terjadi.
  • Dan untuk waktu kedepan nanti, jangan sampai kejadian seperti ini terjadi didaerah - daerah yang lain.


gambar di peroleh dari :
http://www.rimanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar