Rabu, 17 November 2010

KOPERASI


1. PENGERTIAN KOPERASI

Menurut saya pribadi, pengertian koperasi adalah suatu badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang membentuk suatu himpunan atau anggota dengan kerja sama yang diberikan dalam bentuk kekeluargaan dan memfokuskan pada suatu tujuan, salah satunya mensejahterakan masyarakat.

KOPERASI, merupakan suatu badan usaha yang sangat membantu perkembangan majunya ekonomi diindonesia, sebab dikoperasi ini sangat membantu masyarakat.
Dana-dana yang disediakan oleh pihak koperasi merupakan sebuah simpanan yang sangat membantu masyarakat, khususnya    para pengusaha kecil (UKM).

Simpanan - simpanan yang terbentuk di dalam koperasi bukan karena keterpaksaan, melainkan atas dasar dari para anggota. Oleh karena itu, koperasi bisa juga disebut sebagai arahnya suatu perekonomian yang ada diindonesia. Karena rasa sukarela yang timbul dalam suatu koperasi, turut serta dalam memajukan perekonomian diindonesia serta mensejahterakan masyarakat.


2. PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA
KOPERASI , merupakan suatu badan usaha yang berdiri atas dasar tujuan - tujuan tertentu.
Oleh karena itu ketersediaan koperasi ini perlu kita perhatikan dengan baik, kita jaga baik - baik.
Agar aset yang sangat berharga ini tidak hilang begitu saja. Semua fasilitas yang diberikan oleh koperasi, tentu saja sangat menguntungkan masyarakat. Apabila dilihat perkembangan koperasi di indonesia saat ini cukup membantu masyarakat. Pada umumnya jumlah koperasi ini perlu diperbanyak dan harus ada disetiap penjuruh tanah air.

Suatu usaha yang dirintis, pasti pernah mengalami keadaan yang buruk. Sama halnya, koperasi juga bisa mengalami keadaan yang buruk salah satunya yakni kurangnya simpanan dari anggota.
Menurut saya pribadi perkembangan yang terjadi pada koperasi khususnya yang ada diindonesia sudah memenuhi satandar kelayakan atau bisa juga disebut sangat baik.
Hanya saja satu hal yang perlu diperhatikan oleh koperasi, yakni harus pandai dalam menghimpun anggota, sera kelancaran.

3. SIAPA TOKOH YANG MENJADI PANUTAN DIDALAM KOPERASI ?
 Drs. H MOHAMMAD HATTA
(BAPAK KOPERASI INDONESIA)
Menurut saya pribadi, yang menjadi panutan didalam koperasi yakni bapak DRS MOHAMMAD HATTA.
Bapak mohammad hatta ialah seorang pejuang tangguh yang pernah menjadi wakil presiden yang pertama. DRS MOHAMMAD HATTA, seorang yang memperjuangkan negara indonesia ini sampai maju dan merdeka.
Bapak DRS MOHAMMAD HATTA, seorang pejuang yang mampu melanjutkan pendidikannya sampai kenegeri belanda.

Memang bapak DRS MOHAMMAD HATTA disebut juga BAPAK KOPERASI. Alasan saya yakni
cara - cara beliau dalam memimpin suatu negara ini sangat tegas. Dan juga dalam menjaga sebuah koperasi. Keikutsertaannya dalam bidang organisasi dan politik inilah, beliau benar - benar cocok dijadikan sebagai BAPAK KOPERASI INDONESIA.




REFERENSI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta
GAMBAR diperoleh dari :
www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar